-->

Jendela Statistika

Melihat Dunia Dengan Data Sebagai Sebuah Investasi

HELLO DIMENSION DAN MATRICS GOOGLE ANALYTICS

selamat siang kawan blogger, hari ini saya melanjutkan materi mengenai ulasan google analytics yang dibahas pada artikel DASAR SEKILAS PEMAHAMAN AWAL MENGENAI GOOGLE ANALYTICS DAN KEUNTUNGANNYA, topik yang akan dibahas adalah mengenai apa itu Dimension dan Matrics.



Ketika kita memulai belajar Google Analytics tahapan pertama (**sebagai Analist bukan sebagai developer ya...) kita wajib memahami apa itu dimension dan matrics?

Dimension adalah atribut data dan Matrics adalah ukuran kuantitatif dari aktifitas pengunjung pada site.

Sederhana (**anak statistik menyebut Dimension itu = variabel dan matrics itu = value/nilai), secara manusiawi penjelasan nya adalah sebagai berikut:

Jika kita memiliki dimension (page) maka nilai yang akan diberikan google analytics adalah url halaman yang di klik pengunjung.

Jika kita memiliki matrics (users) maka nilai yang diberikan google analytics adalah seberapa banyak pengunjung yang mengunjungi page atau sebuah halaman pada site.

contoh report nya seperti berikut ini:


sederhana bukan....?

kemudian, apa yang harus kita pahami selanjutnya?

"sebagai seorang statistikawan tentu nya kita harus memahami dimension apa yang cocok untuk bersanding dipelaminan dengan matrics agar pengukuran analisa mampu melakukan pendekatan yang cukup untuk memahami perilaku pengunjung pada site kita"

saya tidak akan menjelaskan semua mengenai ada apasaja dimension dan matrics yang google kasih kalau kita gunakan google analytics sebagai tools yang kita gunakan untuk mempelajari aktifitas pengunjung. Jika ingin mempelajari selengkapnya silah berkunjung pada (https://developers.google.com/analytics/devguides/reporting/core/dimsmets#mode=api) **maaf karena tidak langsung mengaktifkan direct linknya, soal dilarang ama adsense blog saya. Silahkan copy and paste di browser anda link itu disana ada penjelasan lengkap apa saja dimension dan matrics yang bisa digunakan.

saya mencoba sok tahu pada saat orang membaca artikel ini, setelah saya arahkan orang untuk tahu dimension dan matrics, maka mereka akan bertanya pertanyaan standar seperti berikut ini:

apa variabel dan matrics yang biasanya perusahaan gunakan sebagai standar penilai sukses tidak nya kinerja?

saya akan menjawab sesuai pengalaman kerja saya (pada saat saya bekerja di perusahaan publisher) nilai utama nya adalah unik users dan pageviews.

semakin meningkat seperti distibusi exponensial semakin senang hati direksinya (hanya sedikit mimpi hahahaha) namun pada realnya sangat sulit menemukan pola data unik user dan pageviews meningkat secara exponensial pada range waktu yang ditentukan.

kenapa unik user dan pageviews yang menjadi perhatian direksi?

saya kurang tahu tepat untuk menjawab hal ini, yang pasti ketika unik user tinggi berarti sebuah site itu menarik perhatian dari user (masyarakat), sedangkan pageview menandakan sebuah laman di lihat berapa kali atau dengan kata lain laman itu sangat menarik bagi users.

kegunaan utamanya adalah ketika dua hal itu tinggi maka akan memberikan space atau tempat atau waktu atau peluang mengiklankan sebuah promosi kepada user.

saya rasa you know lah what is that aahhahahahah segala sesuatunya adalah bisnis. 

Oke, kembali ke pembelajaran dimension dan matrics. Sebagai seorang analyst yang kita lakukan adalah:
  1. kenali komponen data google analytics
  2. lakukan pendekatan statistics
  3. visualisasi
  4. presentasikan
contoh sederhananya:

kita ingin melihat user berasal dari kota mana? dengan browser apa? melihat artikel apa? pada site kita


silahkan melakukan explorasi lebih dalam mengenai google analytics, untuk pengenalan dimension dan matrics saya rasa cukup sebagai awalan kita belajar.

Pada intinya kita harus melakukan riset sesuai dengan kebutuhan, jika menggunakan google analytics pada publisher tentukan kita mempelajari perilaku pengunjung dalam hal cara mereka merespon berita (artikel, video, foto) yang kita sajikan. Jika pada e-commerce tentukan kita akan mengutamakan nilai cpc (cost per clikc), LTV (live time value) atau shopping cart tracking.



Selamat belajar, semoga kita semua cepat pintar.   

Baca juga:

0 komentar



Emoticon