Jendela Statistika

Melihat Dunia Dengan Data Sebagai Sebuah Investasi

IIMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DENGAN SPSS

Hello.,,
Selamat tengah malam kawan Blogger, malam ini jendela statistika ingin berbagi langkah-langkah membuat Diagram Kartesius (Cartesius) atau analisis Importance Performance Analysis (IPA).
untuk materinya dapat dilihat IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) 
Langsung saja, untuk membuatnya kita dapat menggunakan program SPSS dengan cara atau langkah seperti berikut ini.

1. Buka SPSS

2. Masuk ke jendela SPSS. apabila telah memiliki data (contoh kali ini adalah data berupa nilai PDRB dan TPT) dalam excel maka dapat langsung memindahkannya ke SPSS dengan cara klik “File” lalu pilih “Open” dan pilih “Data”. akan muncul kotak dialog yang menampilkan folder-folder pada komputer. Pilih data yang akan dianalisis lalu “Ok”. Atau bisa dengan menulis langsung di SPSS seperti berikut ini.

3. Kemudian pilih “Graphs” lalu pilih “Legacy Dialogs” pilih “Scatter/Dot..”


4. Muncul tampilan berikut: Lalu pilih “Simple Scatter” -> “Define”


5. Muncul kotak dialog berikut: dimana PDRB sebagai Y_Axis dan TPT sebagai X_Axis lalu klik “Ok”


6. Muncullah grafik berikut:
7. Gambar di atas belum selesai, lalu double klik pada output gambar, sehingga muncul “Chart Editor” seperti gambar di berikut


8. Klik “option” pilih “X Axis Reference Line”


9. Muncul kotak dialog “Properties”, Untuk membuat garis tengah (rataan) sumbu X maka: klik “Reference Line” pilih Set to: Mean lalu klik “Apply”


10. Untuk membuat garis tengah (rataan) sumbu Y maka: klik “option” pilih “Y Axis Reference Line”. Kemudian klik “Reference Line” pilih Set to: Mean lalu klik “Apply



11. Proses Cukup sampai disini, sekarang tahap finishing yaitu dengan memberikan setiap titik label sehingga memudahkan ketika menganalisis. Pilih “Data Label Mode” dengan gambar kotak seperti gambar target tembakan di pojok kiri. Lalu klik-kan ke titik-titik koordinat. Sehingga terbentuklah gambar seperti ini.


12.Biar lebih sedikit IMUT....modifikasi gambar dengan memberi warna untuk masing-masing titik dan background gambar dengan mengklik menu Edit lalu pilih Properties (Ctr+t).


13. OK.,, Hasill nya akan tampak seperti ini


Selamat Mencoba😀 Kawan

Terima Kasih atas kunjungan nya.









Baca juga:

4 komentar

avatar

terimakasih mas untuk penjelasannya, tapi saya mau tanya yang bagian finishing, kok punya saya keluarnya malah dalam bentuk persen ya ? mohon solusinya

Balas delete
avatar

Assalamualaikum. Ada yg bisa bantu jawab, spss sy versi 16 tapi setelah akan memberikan label yang muncul bukan nomor atribut melainkan angka dalam bentuk persen seperti 5.23% itu masalahnya dimana yah?

Balas delete
avatar

assalamualaikum, saya boleh liat yg variabel view-nya,saya data 3,45 dll kaya begtu soalnya. aku mau masuukiin ke Y dan X tiidak bisa soalnya.itu knp ya?

Balas delete
avatar

Assalamualaikum. Ada yg bisa bantu jawab, spss sy versi 16 tapi setelah akan memberikan label yang muncul bukan nomor atribut melainkan angka dalam bentuk persen seperti 5.23% itu masalahnya dimana yah?

- saya juga alami ini, masalahnya dimana yah?

Balas delete



Emoticon